Kamis, 17 September 2015

MEMBUAT BATCH FILE

Assalamualaikum wr. wb

Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang Batch. Batch File adalah file text yang isinya berupa perintah-perintah DOS untuk menjalankan suatu program yang biasanya dibuat untuk menjalankan program-program yang dijalankan secara rutin.

Commands yang dapat dipakai didalam Batch File sebagai berikut:
-CLS = menghapus perintah pada layar.
-CALL = memanggil satu batch program tanpa menghentikan induk batch program.
-ECHO = mengaktifkan firut perintah pengumandangan atau menampilkan pesan.
-FOR = menjalankan perintah yang ditentukan untuk setiap file dalam satu set file.
-GOTO = mengarahkan windows ke baris yang diidentifikasi oleh label/penanda.
-IF  = melakukan pemrosesan kondisional dalam batch program.
-PAUSE = menunda proses batch, user bisa tekan tombol apapun untuk melanjutkan.
-SHIFT = mengubah posisi parameter batch dalam sebuah batch file.
-START = untuk menjalankan suatu aplikasi dalam jendela terpisah.

Sesuai tugas kampus saya, saya akan share tiga tugas saya :D

A. Tugas pertama saya adalah untuk menampilkan Profil saya sendiri,, yang terdiri atas dari nama saya, kelas,dan nomor handphone. 

1. Disini saya memakai notepad.


2. Buat programnya ya... seperti gambar di bawah ini..  


3. Setelah itu kita Save As


4. Cara savenya begini ya... (.bat)


5. Ketika selesai maka tampilannya akan begini



B. Tugas kedua saya hanya menampilkan variabel-variabel saja..

1.  Programnya begini:


2. Tampilannya akan begini


C. Pada tugas ketiga saya akan menampilkan program penambahan (a+b=...)

1. Sistemnya sama saja, tapi hanya programmnya saja yang berbeda


2. masukkan angka sesuai keinginan Anda, maka hasilnya dapat dilihat seperti gambar dibawah ini


FILE : DOWNLOAD

Sekian dan Terima kasih..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar